Jumat, 04 November 2011

CARA MEMBUAT MAIL MERGE

Diposting oleh muhamad taufiq ramadhan

  1. Ketiklah surat yang anda inginkan, kemudian simpanlah dengan nama tertentu, misalkanya Undangan.docx.
  2. Buatlah sebuah tabel yang berisi nama dan alamat orang yang akan dikirim surat, simpan dengan nama Data.docx.
  3. Pada tab Mailing, group Start Mail Merge, klik pilihan Start Mail Marge. Akan ditampilkan kotak pilihan berikut.
  4. Pilih dan klik Step by Step Mail Merge Wizard. Selanjutnya akan tampil pilihan perintah berikut ini.
    • Letters, pilihan ini digunakan apabila dokumen yang Anda buat berbentuk surat.
    • E-mail message, dokumen berbentuk pesan yang akan dikirimkan ke beberapa alamat e-mail.
    • Labels, untuk membuat label surat yang datanya diambil dari file sumber data.
    • Envelopes, untuk membuat amplop yang datanya di ambil dari file suber data.
    • Directory, untuk membuat dokumen tunggal yang berisi catalog atau daftar alamat.




  5. Pilihlah Letters.
  6. Klik Next : Starting Document. Pilihlah perintah berikutnya akan ditampilkan.
  7. Pada pilihan Select starting document, Anda di minta menentukan langkah awal menyiapkan dokumen utama
  8. Pilih Use an existing list, klik browse, akan tampil kotak dialog berikut.
  9. Pada kotak pilihan Look in, tentukan drive dn folder yan berisi file data.
  10. Pada kotak pilihan file name, tentukan nama file data yang dikehendaki. Dalam hal ini adalah Data.docx.
  11. Klik tombol Open, Tabel data akan ditampilkan.
  12. Tentukan siapa saja yang akan dikirim surat dengan memberi tanda entang pada kotak cek yang ada disebelah kiri data yang ada. Jika ada bebeerapa yang tidak akan dikirim surat, hilangkan tanda ceklis.
  13. Klik OK.
  14. Klik Next: write your letter. Mail merge wizard selanjutnya akan ditampilkan.
  15. Tempatkan titik sisip pada bagian surat yang akan diisi dengan nama dan alamat mereka yang akan dikirim surat sebagai contoh, letakkan titik sisip di sebelah kanan kata NO untuk mencetak Nomor Surat.
  16. Klik More items..... akan ditampilkan kotak dialog seperti dibawah ini.
















  17. Pilih dan klik nam field Nama, kemudian klik tombol Insert.
  18. Klik tombol Close.
  19. Tempatkan titik sisip di baris berikutnya untuk menempatkan field Alamat.
  20. Klik More items, pilih Alamat, lalu klik Insert
  21. Klik tombol Close..
  22. Klik Next : Preview your letters untuk melihat hasilnya. Untuk melihat hasil surat berikutnya, anda cukup mengklik tanda panah yang terdapat pada pilihan perintah berikut ini.
  23. Klik Next : Complete the Merge. Akan ditampilkan pilihan perintah Mail Merge terakhir.
  24. Klik Print untuk segera mencetak ke printer. Perintah ini akan menampilkan kotak dialog Merge to Printer.
  • dragon style
Back to menu

0 komentar: